Skip to main content

Ini 4 Ancaman Android Yang Dapat Mengancam Data Penggunanya

Socialposter.xyz - sistem operasi android bisa di bilang sebagai sistem operasi pada perangkat smartphone yang paling banyak digunakan. Namun, sistem android ini masih mempunyai banyak kelemahan.
Ancaman Android

Kelemahan tersebut telah diungkap berdasarkan fakta, bahwa sistem android ini masih mempunyai celah kelemahan yang sangat mudah untuk diakses oleh hacker yang mereka gunakan untuk mencuri data pribadi pengguna.

Nah, sesuai informasi yang dilansir dari phone arena terdapat 4 kelemahan android yang dapat mengancam penggunanya. Apa saja? Berikut 4 macam ancaman android yang dapat mengancam penggunanya.


1. UI Spoofing

Berdasarkan informasi dari para pengguna smartphone android ini. Ternyata sistem android masih mempunyai kerentanan terhadap keamanannya yang terdapat pada multitasking.

Bahayanya lagi, ternyata kelemahan ini dapat digunakan oleh hacker untuk menyerang sesuatu. Biasanya para hacker menggunakan ini untuk mendapatkan akses login pada kredensial pada penggunanya.

Melalui kelemahan inilah para hacker dapat mengimkan ransomware atau sebuah aplikasi pemantau akrivitas penggunanya. Dan lebih parahnya sistem UI spoofing ini terdapat pada semua jenis android.

2. Ransomware

Ransomware merupakan malware yang dapat memanfaatkan celah kelemahan android. Ransomware biasanya akan menyuruh penggunanya untuk melakukan pengunduhan terhadap patch sofware. Dan nantinya setelah diuntuh malware akan langsung menyusupi bagian administrator dan langsung menguncinya.

Jika sudah terinfeksi oleh malware ini pengguna akan disuruh untuk membayar sejumlah uang untuk membuka kuncinya. Dan lebih parahnya malware ini sangat agresif dan sangat sulit untuk dihilangkan. Dan biasanya malware ini dapat mematikan antivirus yang ada secara keseluruhan.

Sampai saat ini malware ini sudah semakin kuat dan canggih, bahkan sudah menginfeksi 77 persen android yang terdapat di amerika.

3. Fingerprint

Semakin canggih dan cepat sistem android pada smartphone pasti akan disematkan sistem sidik jari (fingerprint). Namun, berdasarkan penelitian sistem android yang menggunakan fingerprint ternyata justrus semakin mudah untuk diretas.

Justru, smartphone seperti HTC One Max dan samsung galaxy S5 sistem fingerprint-nya sangat mudah untuk hack. Namun, kerentanan yang terjadi pada sistem ini bukan karena ada kecacatan pada sistem ini, melainkan fingerprint ini tidah menghadirkan sistem scanner secara native.

Hal ini membuat mau tak mau harus diselesaikan oleh vendor smartphone tersebut. Karena merekalah yang berinisiatif untuk menghadirkan fitur tersebut. Namun, informasi terbaru mengungkap bahwa sistem android terbaru, marshmallow akan mengintegerasikan fingerprint terhadap sistem operasinya secara langsung.

4. Stagefright

Stagefright memang kerap menjadi isu bagi pengguna android karena mempunyai celah pada keamanannya dan sangat rentan untuk dibobol oleh hacker. Cara ini bekerja dengam mengirimkan MMS kepada calon korbannya.

Lewat metode stagefright ini hacker akan menyelipkan celah yang akan akan berfungsi pada playback android. Dan setelah mereka berhasil hacker akan mengambil data pribadi penggunanya. Bahkan dengam cara ini hacker dapat mengendalikan kamera dan mikrofon.

Pada agustus 2015 lalu stagefright telah menjangkit 95 persen perangkat android. Untuk mengatasi hal ini google telah merilis patch dan diperbarui setiap bulannya.

Comments

  1. ane punya android cuman buat inet doank

    ReplyDelete
  2. Banya juga ya ancamannya. Selama ini sdh 2thn lakoni Android belum ada ancaman-anacman mengintai btw Thanks

    ReplyDelete
  3. Wah bahaya juga ya kalau tidak hati-hati dalam menggunakan smartphone android. Nice infonya,,

    ReplyDelete
  4. Lagian hecker mau ngambil data ane buat apa yaa ??

    ReplyDelete
  5. Wiih serem juga ya gan, bisa bisa semua data yang disimpan disadap orang...

    ReplyDelete
  6. emang serem sob
    jadi kudu atiati kalo install apps
    mending langsung via playstore
    tapi ane ga habis pikir
    buat apa juga hekel nyadap info orang awam macam ane
    hehe

    ReplyDelete
  7. Nice post gan,artikel nya bagus.sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  8. Wah baru tau saya. trimakasih infonya.
    Salam Mas Semut

    ReplyDelete
  9. Tergantung orangnya juga bang :D
    Mantab dah Blognya . Terus Update artikelnya .
    salam kenal Aziu Zui Opreker Android

    ReplyDelete
  10. klo root itu termasuk bahaya juga kan gan?

    ReplyDelete

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan sopan dan relevan.
- Mari kita saling menghormati dengan tidak melakukan SPAM.
- Terima kasih sudah berkomentar di SOCIAL POSTER BLOG.

Popular posts from this blog

Ini Penyebab Kebakaran Hutan Di Lahan Gambut Sulit Padam

Kebakaran Hutan : Kebakaran Di Lahan Gambut Sudah hampir 6 bulan republik ini mengalami bencana asap yang disebabkan oleh perilaku manusia yang serakah. Darurat asap terjadi diberbagai daerah di indonesia, wilayah yang paling parah terdampak kabut adalah sumatera utara, kalimantan tengah, kalimantan barat, pekanbaru dan riau. Transmigrasi dilahan gambut Sebagian besar daerah yang terdampak kabut asap mempunyai luas wilayah lahan gambut ribuan hektar. Dan lebih parahnya kebakaran tersebut terjadi di lahan gambut. Sehingga membuat kebakaran itu pun semakin parah. Kebakaran di lahan gambut sangat sulit untuk dipadamkan. Inilah yang menimbulkan banyak kabut asap karena kita ketahui kebakaran yang terjadi dilahan gambut akan memproduksi asap lebih banyak daripada di lahan pada umumnya. Inilah beberapa faktor yang menyebabkan kebakaran hutan di lahan gambut sulit untuk dipadamkan.

Parah!! Kebakaran Gunung Lawu Meluas, Api Semakin Sulit Dipadamkan

Kebakaran Gunung Lawu Meluas - Bencana kebakaran hutan di lereng Gunung Lawu semakin meluas. Kebakaran di lereng Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur, tersebut sudah mendekati area pemukiman.  KOMPAS.COM/ M Wismabrata Hal ini membuat tim sar gabungan jawa timur dan jawa tengah semakin sulit untuk memadamkan api di lereng gunung lawu. PMI solo pun ikut diterjunkan untuk turut membantu korban kebakran. 

Jadwal Resmi Turnamen Piala Jendral Sudirman

Jadwal Resmi Piala Jendral Sudirman - Belum lama ini telah diadakan turnamen piala presiden yang akhirnya dimenangkan oleh Persib Bandung dengan gelar pemain terbaik diraih oleh zulham zamrun. Untuk mengisi kekosongan turnamen sepak bola di negeri ini akibat dari dibekukannya PSSI, akhirnya belum lama ini pihak mahaka sports dan entertaiment yang di pasrahkan kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk menggelar turnament pila jendral sudirman untuk merilis jadwal resmi piala jendral sudirman. Piala ini sejatinya telah dimajukan ke tanggal 10 November mendatang. Turnamen ini sendiri akan dibuka oleh presiden republik indonesia ir joko widodo di malang jawa timur. Laga pertama pun akan dimulai dengan tuan rumah Arema Cronus VS Gresik United di stadion kanjuruhan pada pukul 20.00 WIB.