Skip to main content

Ini Penyebab Kebakaran Hutan Di Lahan Gambut Sulit Padam

Kebakaran Hutan : Kebakaran Di Lahan Gambut
Sudah hampir 6 bulan republik ini mengalami bencana asap yang disebabkan oleh perilaku manusia yang serakah. Darurat asap terjadi diberbagai daerah di indonesia, wilayah yang paling parah terdampak kabut adalah sumatera utara, kalimantan tengah, kalimantan barat, pekanbaru dan riau.
penyebab kebakaran hutan dilahan gambut sulit dipadamkan
Transmigrasi dilahan gambut

Sebagian besar daerah yang terdampak kabut asap mempunyai luas wilayah lahan gambut ribuan hektar. Dan lebih parahnya kebakaran tersebut terjadi di lahan gambut. Sehingga membuat kebakaran itu pun semakin parah. Kebakaran di lahan gambut sangat sulit untuk dipadamkan. Inilah yang menimbulkan banyak kabut asap karena kita ketahui kebakaran yang terjadi dilahan gambut akan memproduksi asap lebih banyak daripada di lahan pada umumnya.

Inilah beberapa faktor yang menyebabkan kebakaran hutan di lahan gambut sulit untuk dipadamkan.



Penyebab Kebaran Hutan Dilahan Gambut Sulit Dipadamkan


1. Gambut Itu Bukan Tanah

Gambut dihasilkan dari proses pelapukan kayu yang terjadi ribuan tahun yang lalu. Lahan gambut mudah sekali untuk terbakar karena berasal dari serbuk kayu dan mudah menyerap air. Sehingga kalau terjadi kemarau beberapa bulan saja, lahan gambut sudah sangat kering dan mudah sekali tersulut api. Untuk sekarang yang terjadi diperparah dengan adanya kondisi alam elnino yang membuat keadaan semakin parah.

2. Terjadinya Kebakaran Berada Di Dalam Gambut

Inilah yang menyebabkan kebakaran lahan gambut sulit dipadamkan. Terlebih jika dalam proses pemadaman tidak sempurna. Ini akan menyebabkan kabut asap yang keluar dari gambut semakin tebal.

3. Lokasi Kebaran Yang Jauh Didalam Hutan

Faktor utama dalam proses pemadamam kebakaran lahan gambut adalah lokasi kebakaran yang jauh didalam hutan. Menyebabkan peralatan pemadaman tidak bisa masuk ke lokasi kebakaran.

4. Angin Yang Behembus Kencang

Angin adalah faktor utama kebakaran lahan semakin meluas karena angin dapat memindahkan bara api dari satu titik ke titik lain.

5. Kurang Pemahaman Masyarakat Tentang Gambut

Kebakaran lahan dapat terjadi karena masyarakat tidak paham dengan dampak yang timbul dengan membakar untuk membuka lahan. Sehingga ini tidak akan selesai kalau dari masyarakat sendiri tidak betusaha memahami hal ini.

Dalam hal ini semua pihak bertanggung jawab bukan hanya pemerintah saja yang disalahkan karena dariasyarakat Sendiri tidak mau menjaganya.

Sekian artikel saya tentang penyebab kebakaran hutan dilahan gambut sulit dipadamkan. Mudah-mudahan dapat menjadi bahan renungan untuk kita semua.

Comments

  1. Selain itu jg api yang berada di bwh tanah bisa smp brp mtr ya gan di kebakaran lahan gambut?makanya titik api yang blm padam bisa idup lagi kalau blm bnr2 titik apinya mati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bisa sampai kedalaman 1 meter gan bata apinya. Jadi kalau cuma kena air hujan 2 jam belum mati, apalagi cuma pakai heli, ini pengalaman saya langsung gan.

      Delete
  2. ooh lahan gambut itu kalo yang diinjek itu empuk - empuk gitu kan ya ? pantes aja asapnya banyak toh itu banyak serbuk kayunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yapz benar sekali gan, itu emang tanah kayu yang ada sejak zaman purba.. Dari pengalaman saya hampir beberapa tahun dilahan gambut

      Delete

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan sopan dan relevan.
- Mari kita saling menghormati dengan tidak melakukan SPAM.
- Terima kasih sudah berkomentar di SOCIAL POSTER BLOG.

Popular posts from this blog

Parah!! Kebakaran Gunung Lawu Meluas, Api Semakin Sulit Dipadamkan

Kebakaran Gunung Lawu Meluas - Bencana kebakaran hutan di lereng Gunung Lawu semakin meluas. Kebakaran di lereng Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur, tersebut sudah mendekati area pemukiman.  KOMPAS.COM/ M Wismabrata Hal ini membuat tim sar gabungan jawa timur dan jawa tengah semakin sulit untuk memadamkan api di lereng gunung lawu. PMI solo pun ikut diterjunkan untuk turut membantu korban kebakran. 

Jadwal Resmi Turnamen Piala Jendral Sudirman

Jadwal Resmi Piala Jendral Sudirman - Belum lama ini telah diadakan turnamen piala presiden yang akhirnya dimenangkan oleh Persib Bandung dengan gelar pemain terbaik diraih oleh zulham zamrun. Untuk mengisi kekosongan turnamen sepak bola di negeri ini akibat dari dibekukannya PSSI, akhirnya belum lama ini pihak mahaka sports dan entertaiment yang di pasrahkan kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk menggelar turnament pila jendral sudirman untuk merilis jadwal resmi piala jendral sudirman. Piala ini sejatinya telah dimajukan ke tanggal 10 November mendatang. Turnamen ini sendiri akan dibuka oleh presiden republik indonesia ir joko widodo di malang jawa timur. Laga pertama pun akan dimulai dengan tuan rumah Arema Cronus VS Gresik United di stadion kanjuruhan pada pukul 20.00 WIB.