Skip to main content

4 Cara Mudah Lindungi Gadget dan Akun Sosial Media dari Serangan Cyber

Cara Mudah Lindungi Gadget dan Akun Sosial Media

Semakin berkembangnya zaman maka tindak kejahatan tidak hanya terjadi di dunia nyata. Namun, juga terjadi di dunia maya. Belakangan ini banyak sekali terjadi kejahatan cyber yang membuat para korbannya merasa sangat dirugikan. Kejahatan ini tidak memandang siapa korbannya dan gadget apa yang mereka gunakan. Mulai dari PC, Tablet, laptop dan smartphone tak lepas menjadi kejahatan cyber ini.

Namun, anda tidak perlu kuatir dan ragu-ragu terhadap akun dan gadget anda. Sehingga membuat anda terlalu pritektif dan parno. Sebab ada empat cara untuk melindungi gadget dan data penting didalamnya.

1. Waspadalah

Hal pertama yang harus anda terapkan pada pola pikir anda adalah semua keamana tidak ada yang sempurna. Maka anda harus selalu waspada terlebih terhadap sesuatu yang baru.

Bahkan perangkat OS yang terkenal tidak dapat terserang virus. Akhirnya tersusupi virus melalui aplikasi di iOS App Store. Maka sebuah kewaspadaan merupakan sebuah senjata utama untuk melawan kejahatan cyber attack.

2. Update Adalah Segalanya

Para pakar cyber mengatakan bahwa update adalah hal terpenting untung menghindari serangan para hacker. Update yang dilakukan pun harus menyeluruh mulai sistem operasi dan aplikasi dalam perangkat harus di update secara rutin.

Sebaiknya anda berhenti beranggapan bahwa update hanya akan menghabiskan paket data dan membuat aplikasi menjadi eror. Sejatinya setiap update yang dilakukan oleh pengembang telah memperbaiki aplikasi dari sistem keamanannya juga. Jadi, untuk untuk meningkatkan keamanan anda harus melakukan update secara rutin.

3. Satu Password Satu Akun

Jika anda adalah type orang yang menggunakan satu password untuk banyak akun, maka anda adalah sasaran terempuk bagi para hacker. Menggunakan satu password sama dengan anda menggunakan satu kunci untuk banyak pintu yang menuju ke file data anda.

Demi keamanan data penting anda sebaiknya anda menggunakan satu password untuk satu akun. Hal ini juga harus anda lakukan terhadap gadget anda. Dan sebaiknya anda mengaktifkan sistem password dua langkah, yaitu seperti login menggunakan no handphone dan notifikasi lewat no handphone.

Jadi, demi keamanan sebaiknya anda harua menggunakan password yang berbeda untuk setiap akunnya.

4. Jangan Cerewet di Internet

Pengguna gadget sangat tidak disarankan untuk memberikan informasi pribadi dan penting melalui telepon maupun email. Sebaiknya anda sebelum memberikan informasi anda harus yakin terhadap siapa anda memberikan informasi. Karena sekarang banyak hacker yang menggukanan metode ini untuk membobol akun seseorang.

Teknik ini memungkinkan hacker mengumpulkan data untuk melakukan cyber crime. Dan ini memungkinkan hacker melakukan stalking langsung ke akun jejaring sosial pemilik gadget.

Oleh karena itu, sebaiknya para pengguna gadget dan internet tidak menyebarkan data pribadi seperti no telepon, nama-nama keluarga dan alamat. Karena ini dapat disalah gunakan para hacker untuk menyerang anda.

Comments

  1. Baru tau bang...
    thanks info.a

    ReplyDelete
  2. semoga dengan cara diatas, akun sosmed bisa jadi lebih secure lagi dari orang orang jahil. Thanks infonya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan kita harus selalu memperhatikan data pribadi kita.. Sering-sering mampir gan..

      Delete
  3. hohoo. thanks infonya gan :D

    ReplyDelete
  4. nice,
    thx for info,
    keep update :)

    ReplyDelete

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan sopan dan relevan.
- Mari kita saling menghormati dengan tidak melakukan SPAM.
- Terima kasih sudah berkomentar di SOCIAL POSTER BLOG.

Popular posts from this blog

Ini Penyebab Kebakaran Hutan Di Lahan Gambut Sulit Padam

Kebakaran Hutan : Kebakaran Di Lahan Gambut Sudah hampir 6 bulan republik ini mengalami bencana asap yang disebabkan oleh perilaku manusia yang serakah. Darurat asap terjadi diberbagai daerah di indonesia, wilayah yang paling parah terdampak kabut adalah sumatera utara, kalimantan tengah, kalimantan barat, pekanbaru dan riau. Transmigrasi dilahan gambut Sebagian besar daerah yang terdampak kabut asap mempunyai luas wilayah lahan gambut ribuan hektar. Dan lebih parahnya kebakaran tersebut terjadi di lahan gambut. Sehingga membuat kebakaran itu pun semakin parah. Kebakaran di lahan gambut sangat sulit untuk dipadamkan. Inilah yang menimbulkan banyak kabut asap karena kita ketahui kebakaran yang terjadi dilahan gambut akan memproduksi asap lebih banyak daripada di lahan pada umumnya. Inilah beberapa faktor yang menyebabkan kebakaran hutan di lahan gambut sulit untuk dipadamkan.

Parah!! Kebakaran Gunung Lawu Meluas, Api Semakin Sulit Dipadamkan

Kebakaran Gunung Lawu Meluas - Bencana kebakaran hutan di lereng Gunung Lawu semakin meluas. Kebakaran di lereng Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur, tersebut sudah mendekati area pemukiman.  KOMPAS.COM/ M Wismabrata Hal ini membuat tim sar gabungan jawa timur dan jawa tengah semakin sulit untuk memadamkan api di lereng gunung lawu. PMI solo pun ikut diterjunkan untuk turut membantu korban kebakran. 

Jadwal Resmi Turnamen Piala Jendral Sudirman

Jadwal Resmi Piala Jendral Sudirman - Belum lama ini telah diadakan turnamen piala presiden yang akhirnya dimenangkan oleh Persib Bandung dengan gelar pemain terbaik diraih oleh zulham zamrun. Untuk mengisi kekosongan turnamen sepak bola di negeri ini akibat dari dibekukannya PSSI, akhirnya belum lama ini pihak mahaka sports dan entertaiment yang di pasrahkan kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk menggelar turnament pila jendral sudirman untuk merilis jadwal resmi piala jendral sudirman. Piala ini sejatinya telah dimajukan ke tanggal 10 November mendatang. Turnamen ini sendiri akan dibuka oleh presiden republik indonesia ir joko widodo di malang jawa timur. Laga pertama pun akan dimulai dengan tuan rumah Arema Cronus VS Gresik United di stadion kanjuruhan pada pukul 20.00 WIB.